Sekilas Tentang Repository, Movie Player, Efek Ekstra di Linux Ubuntu

postingan ini didedikasikan khusus untuk komen teratas dari postingan sebelumnya
Baiklah, tanpa memperpanjang mukodimah #halah, pertanyaan dari komen itu adalah :
“klo muter mp3 dan video gmn mbak??
trus klo mo buat mail server + security nya ada tutorial jg gak mbak???
sorry banyak nanya,maklum newbie niy….sekalian buat desktop kayak agar2 gmn mbak???
tlg djwb y…plisssss….”

Baik, coba aku jawab yaa, caranya yaituuuuuu :

1.Muter MP3 dan Video di Ubuntu
Saya sebenernya gag ngerti maksud pertanyaannya. Mungkin maksudnya karena MOVIE PLAYER (bawaan standart Ubuntu yg bisa buat muter MP3 sama Video) belum nemuin paketnya, jadi si Movie Player belom bisa muterin MP3 sama Video. Nah, disitulah peran Repository & itu jugalah enaknya pake Ubuntu.

Kalo kamu punya Repository Ubuntu, maka cara menginstall paketnya yaitu, buka file MP3, nanti Movie Player pasti minta Search paket pelengkapnya. Nah, kamu search aja. Begitu ketemu, install deh.

Tapi kalo kamu gag punya Repository Ubuntu, kamu konek aja ke Internet. sebelumnya, kamu cek dulu Software Source yang ada di System–>Administrator–>Software Source. Pastikan Di tab Ubuntu Software, semua pilihan di Downloadable From the Internet digunakan.

Kemudian, buka tab Other Software, pastikan semua sumber ysng merujuk ke Internet itu di pilih. Nah, baru kamu lakuin cara diatas.
2. Soal bikin Desktop kaya agar-agar (kalo aku nyebutnya efek jelly) itu, gampang kok. Klik Kanan di Desktop bebas, pilih Change Desktop Background. Setelah masuk ke Jendela baru Appearance Preferences, pilih tab Visual Efek. Tandai salah satu diantara beberapa pilihan. Seinget aku sih, pilih Extra. Kalo VGA kamu uda terdetect dengan baik di Ubuntu, kamu bisa langsung make efek ini dengan cara diatas. Kalo VGA kamu belom terdetect, kamu gag bisa pake efek ini sampai ada aplikasi tambahan terinstall untuk VGA kamu. Bahkan kalo VGA kamu udah terbaca di Ubuntu, kamu bisa pake tambahan efek lain yang lebih OK.

3.Tutorial Mail Server dan Keamanannya, wehehe. Kebetulan sekali saya baru ujian soal bikin mail server dan keamanannya itu, tapi saya belom bisa posting soal tutorialnya, mungkin lain kali akan saya posting.

Demikianlah postingan saya ini, semoga bisa dipakai dan dimanfaatkan oleh siapa saja.😀
jgn lupa komen-komen yaa😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s