Teknologi Internet sebagai Penghubung Manusia dengan segala informasi

Seiring perkembangan zaman, teknologi informasi-pun berkembang sangat cepat, apalagi perkembangan teknologi internet sebagai salah satu penghubung manusia dengan segala informasi yang ada didunia ini, melewati jarak yang dahulunya bahkan kita tak pernah bermimpi untuk menembusnya (cailah) :p

Dengan berkembangnya internet, maka dengan sendirinya segala hal yang berhubungan dengan internet juga ikut berkembang, misalnya teknologi internet mobile. Teknologi internet mobile ini memungkinkan kita untuk mengakses internet dimana saja dan kapan saja.

Internet mobile ini pun berkembang pesat, dan sekarang aga koneksi data semakin lancer dan tidak hanya lencar untuk membuka website-website sederhana saja. Belakangan ini, beberapa provider sedang mempersiapkan teknologi tranmisi yang lebih cepat dari hanya sekedar GPRS dan bahkan  HSDPA yang saya anggap sudah mulai memuaskan pengguna. Pada awalnya beberapa provider itu akan menerapkan teknologi Turbo UMTS HSPA+ yang pastinya memiliki kemampuan yang lebih dibanding HSDPA.

Namun Turbo UMTS HSPA+ itu cuma sebagai solusi transisi.

Para provider kini tengah mengembangkan generasi selanjutnya, yaitu Long Term Evolution (LTE). Teknologi ini rencananya akan tersedia untuk mobile dalam kurun waktu satu atau dua tahun mendatang. Generasi teknologi LTE ini menawarkan koneksi super cepat, bahkan kercepatannya tak kalah dengan DSL(Digital Subscriber Line). Dengan kecepatan seperti ini, LTE bukan hanya menguntungkan pengguna internet mobile, namun dengan kecepatan mencapai 100Mbps ini home-user tidak perlu lagi menggunakan koneksi telepon.

Keunggulan lain dari LTE adalah bila koneksi LTE terputus, maka signal-nya dapat dialihkan ke GPRS, UMTS dan teknologi mobile lainnya. Agar teknologi ini dapat menjangkau seluruh wilayah, LTE ini mrnggunakan rentang channel yang cukup lebar, mulai dari 1,4MHz  sampai 2,0 MHz.

Perkembangan teknologi informasi bukan hanya teknologi internetnya, namun juga pada bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam dunia per-website-an, yaitu HTML (HyperText Markup Language). Perkembangan HTML sangat penting karena bahasa ini merupakan bahasa standar yang digunakan pada browser internet. Selama ini, HTML yang paling baru adalah versi 4.0 atau 4.01 yang didukung kemampuan CSS (Cascading Style Sheet) yang memungkinkan  keleluasaan para web developer untuk memisahkan HTML dari aturan standar untuk membuat tampilan web lebih menarik. Namun karena tuntutan zaman yang selalu berkembang, maka kini HTML hadir dengan versi terbaru, yaitu HTML5.

Sebagai kelebihan baru, HTML 5 memperkenalkan API (Application Programming Interface) yang tentu saja tidak mampu diberikan HTML versi sebelumnya, yaitu::
1.Offline Data Storage
Memungkinkan pengaksesan secara offline pada browser. Kemampuan ini memberikan nilai lebih.

2.Drag and Drop
Drag and Drop kini sudah dapat dilakukan pada aplikasi web. Namun browser haus mendukung kemampuan ini , contohnya Firefox 3.5, Safari 4, Google Chrome 2.0.
3.Geolocation
API untuk memberikan informasi tentang lokasi geografis.

Sebenarnya masih banyak  API lainnya masih dikembangkan. Namun, dalam pemakaiannya saat ini  masih memerlukan bantuan java script.

Semoga ulasan saya ini berguna. Terimakasih.

Referensi:

1. chip 10/2009 hal 42

2.PC-media 10/2009 hal 86

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s