Mengahalau E-mail Hoax

Yang dimaksud dengan E-mail hoax itu sendiri merupakan berita bohong yang sengaja dibuat heboh  yang disebarkan melalui e-mail tentunya. E-mail itu pasti dibuat sangat meyakinkan, biar gag dikira bohongan. Biasanya e-mail ini menyebutkan nama perusahaan terkemuka ataupun menunjukkan bukti seperti foto (hasil rekayasa). Agar orang terbujuk untuk menyebarkannya, biasanya e-mail hoax menginstruksikan kita untuk mem-forward nya, kadang dengan ancaman berbentuk kutukan, bahwa kamu akan mendapatkan kesialan tujuh turunan jika tidak menyebarkan atau mem-fordward e-mail hoax ini. Kadang juga berupa bujukan provokatif bahwa kita akan membantu sesama dengan mem-forward e-mail hoax tersebut.

Kelemahan e-mail hoax ini adalah tidak dapat memberikan bukti yang ilmiah dan referensi dari web yang terpercaya. Dengan bantuan search engine, kamu dapat melacak berita kamu curigai sebagai e-mail hoax. Sudah banyak kok website yang berbaik hati mengumpulkan berita-berita hoax beserta bukti sanggahannya. Sebenarnya tidak ada cara yang ampuh untuk menghalau e-mail hoax ini, kecuali kepedulian kita . Soalnya setiap kita menerima e-mail hoax, merupakan keputusan kita untuk menyebarkannya, dengan kata lain meneruskan mata rantai penyebaran e-mail hoax tersebut, atau menghentikan salah satu mata rantai penyebaran e-mail hoax tersebut.

Beberapa kerugian dari penyebaran e-mail hoax tersebut:

1. Membebani lalu lintas internet/mail server dengan hal yang tidak perlu

2. Bagaimana jika e-mail hoax tersebut merupakan suatu usaha penipuan dari pihak tertentu, dan ada yang tertipu, maka kamu terlah membantu penyebarannya.

3. menimbulkan kepanikan/ isu yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, pikirkan juga orang yang memiliki bandwidth internet yang ralatif kecil, mem-forward sebuah e-mail pada beberapa teman mungkin rasanya hanya merupakan hal kecil, tapi bayangkan efek yang dihasilkan, satu e-mail hoax bisa saja berkembang menjadi ratusan e-mail dalam beberapa hari. Hal yang kecil kan bisa berakibat besar, lagipula perkembangan e-mail hoax juga tidak  main-main, banyangkan saja, banyak e-mail hoax udah berkembang pesat, tidak jarang juga e-mail hoax dibuat keberbagai versi bahasa, juga e-mail hoax juga mengalami “re-use” atau e-mail hoax lama dimunculkan kembali.

Tetap update akan berita-berita hoax di internet akan membantu kita mengenali hoax, kamu juga bisa me-reply pengirim hoax yang biasanya adalah teman-teman kita  dengan mengirimkan informasi yang benar jika kita mendapatkan referensi yang cukup untuk menyanggahnya.

Jika ragu antara hoax/ bukan, sebaiknya kamu menyimpan e-mail itu atau menghapusnya agar tidak membuat orang lain menjadi ragu juga. Jika kamu masih mau menyebarkan  e-mail hoax tersebut, setidaknya kamu menyertakan keterangan bahwa e-mail/ berita itu berpotensi hoax!

5 responses to “Mengahalau E-mail Hoax

  1. Pingback: Mesothelioma News - Ford Drops Appeal Against Asbestos Compensation

  2. tu kan kerugiannya ma, keuntungan orang yang ngirim e-mail hoax tu apa ma?

    RE: mm..gag tau jg tuh au! sejauh ini, yg aku tau, e-mail hoax itu merugikan! hehe

  3. iya sih,,,terkadang email hoax buat kita kaget,atau malah ketawa-tawaja qtdi buat nya…!!!biz isi kadang-kadang ada kiutukan gtu..!!!

    Eh komen Balik Yah komen aq..!!!

    RE: ok rey!

  4. bagus tuh ma postingannya..
    mantap dank! ajarin aku yua!! hahai

  5. Eh beb, kapan cabul mw k pku?
    Kalian kpn ujian smstr? Akhr juni kah?? Aku kbrx iya…

    RE: soal UAS, aku gag tau jg tuh beb, kalo soal cabul, tgl 13 Juni dy plg kok beb. kalo bisa kamu ksini jg ya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s